Jumat, 12 Desember 2014

Gelar Teknologi Percontohan Udang Galah Dalam Rangkaian Peringatan Hari Nusantara 2014


Dalam rangka mensukseskan Peringatan Hari Nusantara yang ke-14 Tahun 2014 di Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan, Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kotabaru, Penyuluh Perikanan Kab. Kotabaru, serta Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) “Maju Bersama” menyelenggarakan Gelar Teknologi Percontohan Udang Galah.
Udang merupakan salah satu produk unggulan Indonesia dan diprediksi permintaan pasar akan terus meningkat. Dengan potensi lahan budidaya yang cukup besar, Indonesia menghadapi tantangan dalam hal budidaya udang, terutama dari sisi teknis. Sehingga perlu dilakukan tindakan secara strategis yang melibatkan seluruh stakeholder dalam dunia usaha budidaya udang, yaitu pelaku utama, pengusaha, asosiasi, pemangku kebijakan, perbankan, dan lembaga swadaya masyarakat.
Wilayah Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru adalah wilayah dengan kondisi suhu yang baik untuk budidaya udang.  Budidaya udang merupakan suatu komoditi pasar yang sedang berkembang, sekalipun banyak jenisnya namun ada beberapa yang menjadi incaran pasar internasional pada saat ini diantaranya Udang Windu (Panaeus monodon) dan Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii), jenis dan harga pun bersaing dipasaran.
Melihat potensi alam dan peluang pasar yang masih terbuka lebar, kegiatan percontohan/uji coba budidaya Udang Galah yang diprakarsai oleh Set.Bakorluh Kalsel, dimulai dari bulan Agustus 2014 di Pokdakan “Maju Bersama” Desa Gunung Sari, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.
Berkat semangat kerja yang tinggi dan pendampingan yang intens dari Penyuluh Perikanan yang mewilayahi daerah tersebut, udang galah dapat dipanen bertepatan dengan Rangkaian Peringatan Hari Nusantara 2014, dilakukan Kegiatan Gelar Teknologi Udang Galah, pada  Hari Jumat Tanggal 12 Desember 2014 yang dihadiri oleh :
1.       Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia,
2.       Kepala Pusat Penyuluhan KP,
3.       Sekretaris DJPB,
4.       Komisi Penyuluhan Perikanan Nasional,
5.       Sekretaris Bakorluh Kalsel,
6.       Kepala BBAT Mandiangin,
7.       Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kotabaru
8.       Kepala BKP5K Kab. Kotabaru,
9.       Penyuluh Perikanan Kalsel dan Kalteng, serta
10.   Pelaku utama perikanan Kab. Kotabaru.
Setelah panen dilakukan, dilanjutkan dengan acara Temu Wicara antara Penyuluh dan Pelaku Utama Perikanan dengan para Narasumber yang dimoderatori oleh Rusdi Hartono, MP. (Kabag. Kerjasama dan Layanan Informasi Set.Bakorluh Kalsel).

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi para Pembudidaya Udang di WKPP P. Laut Utara , sehingga dapat menumbuh kembangkan rutinitas kegiatan secara positif yang berdampak pada pertumbuhan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar