Senin, 13 Oktober 2014

Pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) di Kab. Kotabaru Kalsel

***Oleh : Andri Wahyudi***
Penandatanganan Prasasti Pada Pencanangan Program PKN
di Kab. Kotabaru Kalsel
Pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) bertempat di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Saijaan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, pada tanggal 13 Oktober 2014.
Acara Pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) ini dihadiri oleh :
-    Menteri Kelautan dan Perikanan, yang diwakili oleh Sekjen KKP (Prof. Syarief Widjaya)
-        Menteri Riset dan Teknologi, yang diwakili oleh Deputi Relevansi dan Produktivitas Iptek (Dr. Agus Puji Prasetyono, M.Eng)
-       Menteri Koperasi, yang diwakili oleh Deputi Produksi
-     Gubernur Kalimatan Selatan, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel (Muhammad Arsyadi, ME)
-      Kepala SKPD se-Provinsi Kalimantan Selatan
-   Bupati Kotabaru (H. Irhamni Ridjani, S.Sos, M.Si) dan jajaran pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru
-      Dewan Kelautan Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Ir. Dedy H. Sutisna, MS)
-      Forum Komunikasi Kabupaten Kotabaru
-      Nelayan se-Kabupaten Kotabaru dan tamu undangan.
Acara Pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) di PPI Saijaan Kab. Kotabaru dibuka secara resmi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, yang diwakili oleh Sekjen KKP (Prof. Syarief Widjaya), yang ditandai dengan pemukulan gong.
Setelah meresmikan kegiatan Pencanangan Program PKN, Sekjen KKP sempat melihat Master Plan pembangunan PPI Saijaan, dilanjutkan dengan pelepasan parade kapal/perahu nelayan yang diikuti kurang lebih 200 nelayan yang ada di Kabupaten Kotabaru.
Dalam sambutannya, Bupati Kotabaru menyampaikan bahwa potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki Kabupaten Kotabaru sangat berlimpah, dari hasil laut maupun potensi wisatanya. Akan tetapi, sampai saat ini belum dikelola secara optimal. Sebagian besar nelayan yang ada di Kabupaten Kotabaru masih menggunakan sistem tradisional dalam melakukan kegiatan penangkapan. Oleh karena itu, Bupati berharap dengan adanya kegiatan Pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) dan Peringatan Hari Nusantara 2014 di Kabupaten Kotabaru, semoga pembangunan kelautan dan perikanan baik dari prasarana dan sarana maupun SDM nya dapat ditingkatkan, sehingga potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Kotabaru dapat dapat dikelola secara optimal dan berkelanjutan.
Menteri Kelautan dan Perikanan, dalam hal ini diwakili oleh Sekjen KKP, Prof. Syarief Widjaya, menyampaikan bahwa sesuai dengan Keputusan Presiden No 11 tahun 2011, yaitu mendorong percepatan kehidupan nelayan. Pola kehidupan nelayan Indonesia perlu ditingkatakan. Dengan adanya Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) ini, yang perlu dilakukan nelayan antara lain :
-      Melihat tempat tinggal yang ditempati, sudah bersertifikat atau belum
-      Pendidikan putra/i nelayan
-      Kebersihan dan kesehatan lingkungan
-      dan yang tidak kalah penting membentuk kelompok yang terorganisir dengan baik.

Sesuai dengan program Presiden terpilih Joko Widodo, akan membentuk 1000 kampung nelayan, sehinga kemungkinan besar Program PKN akan tetap berlanjut. Selain membentuk 1000 kampung nelayan, direncanakan juga akan membentuk 100 sentra produksi maritim/perikanan, dengan tujuan untuk menambah pendapatan dari hasil perikanan sehingga kesejahteraan nelayan/pembudidaya dapat meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar